Pengabdian masyarakat dan HMP Mengajar merupakan program tahunan dari Bidang IV HMP PPKn yang membidangi terkait hal kesejahteraan mahasiswa dan pengabdian masyarakat. Program ini biasanya dilaksanakan pada akhir periodesasi pengurus harian dari HMP PPKn terkhusus Bidang IV itu sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari satu malam di masyarakat. Biasanya pada hari pertama teman-teman mahasiswa PPKn yang tergabung dalam kepanitiaan pengabdian masyakat akan melaksanakan kegiatan HMP Mengajar terlebih dahulu di sekolah yang sudah ditentukan. Dalam HMP Mengajar ini terdiri dari berbagai kegiatan, salah satunya yaitu pemberian motivasi serta proses pembelajaran dari mahasiswa PPKn FKIP UMS kepada adik-adik peserta didik yang masih duduk dibangku sekolah. Selain itu terdapat beberapa lomba yang diikuti oleh peserta didik sekolah tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban antara mahasiswa dengan peserta didik.

Setelah kegiatan HMP Mengajar, teman-teman mahasiswa kemudian kembali ke masyarakat untuk melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat sendiri terdiri dari berbagai macam kegiatan bagi masyarakat, anak-anak serta pemuda pemudi yang ada dalam desa tersebut. Pada tahun 2018 yang lalu, kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di desa Jatilawang Kecamatan Wonosamudro Kabupaten Boyolali pada tanggal 10-11 November 2018, yang memiliki jarak tempuh cukup jauh dari kampus UMS yaitu kurang lebih memakan waktu satu setengah jam. Pada pelaksanaannya mahasiswa melakukan banyak kegiatan diantaranya terdapat pengajian bagi masyarakat di desa Jatilawang, lomba-lomba bagi adik-adik TPA pada sore hari. Selanjutnya ada senam dan kerja bakti pada hari kedua,  pengakraban dengan pemuda pemudi dengan mengadakan pertandingan voli antar pemuda pemudi dengan mahasiswa PPKn, pembagian sembako gratis bagi masyarakat yang kurang mampu dan yang terakhir yaitu pembagian bantuan air bersih kepada seluruh masyarakat.

Pada pelaksanaan pengabdian masyarkat tahun lalu kebetulan berbarengan ketika terjadi musim kekeringan, sehingga teman-teman mahasiswa PPKn berbagi air bersih untuk masyarakat sekitar. Begitulah sekilas gambaran kegiatan Pengabdian Masyarakat serta HMP Mengajar yang diadakan oleh Bidang IV yaitu Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat HMP PPKn.Untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat dan HMP Mengajar pada tahun ini Insya Allah akan diadakan di Desa Bercak Kecamatan Wonosamudro Kabupaten Boyolali pada bulan November mendatang.

Apa saja kegiatan dan keseruan di acara  pengabdian masyarakat dan HMP Mengajar yang dilakukan temanteman mahasiswa PPKn dan HMP PPKn 2019 pada tahun ini? Penasaran dengan terobosan baru yang akan kami keluarkan? Nantikan kegiatan Pengabdian Masyarakat dan HMP Mengajar oleh HMP PPKn di Desa Bercak, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali pada November mendatang yaa, dan jangan lupa untuk ikut berpartisipasi serta berdonasi bagi masyarakat di sana, sekian dan terimakasih  Kami tunggu kontribusi teman-teman di Pengabdian Masyarakat dan HMP Mengajar HMP PPKn 2019