Pekan Ilmiah Mahasiswa dan Pelajar yang selanjutnya disingkat PIMPEL merupakan program kerja inti yang dilaksanakan oleh HMP PPKn dan HMP lain di lingkup FKIP UMS. Kegiatan ini diisi berbagai kegiatan yang berbeda di setiap Prodinya. Untuk HMP PPKn mengadakan Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan untuk SMA/MA/SMK se-Jawa Tengah.

PIMPEL pada tahun ini dilaksanakan pada Selasa, 1 Oktober 2019 di Auditoium Moh. Djazman UMS. Kegiatan ini mengangkat tema “Bangkitkan Generasi Muda dalam Memahami 4 Pilar Kebangsaan dengan Hidup Berdemokrasi”. Pada tahun ini sekolah yang mendaftar lebih banyak dari tahun 2018 lalu. Tahun 2018 ada 8 SMA/SMK/MA yang mengikuti PIMPEL HMP PPKn. Delapan sekolah tersebut berasal dari kota Surakarta dan sekitarnya. Dengan pemenang juara I adalah dari SMA N 1 Tengaran, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pada tahun ini kegiatan Lomba Cerdas Cermat diikuti oleh 10 sekolah, dengan peserta 13 Tim dari berbagai kota di sekitar Surakarta. Tahun ini pemenang Juara pertama dimenangkan oleh SMA N 1 Gemolong (Tim B), Juara Kedua yaitu SMA N Kebakkramat, dan Juara ketiga yaitu SMA N 1 Simo (Tim A). PIMPEL tahun ini lebih ramai dan juga lebih meriah dibandingkan dengan tahun lalu. Dengan berbagai perbaikan pada susunan kegiatan dan alur perlombaan yang dibuat lebih matang oleh panitia bersama dengan dewan juri. Dewan juri sendiri berasal dari Dosen PPKn FKIP UMS yaitu Bapak Danang Tunjung Laksono, S.Pd., M.Pd., Guru PPKn SMA N 4 Surakarta Ibu Ary Purwanti, S.Pd., dan Guru PPKn MTsN 10 Boyolali Ibu Irnawati, S.Pd.

Harapannya, untuk kegiatan PIMPEL di tahun 2020 nantinya akan lebih baik daripada tahun ini. Dengan belajar dari kesalahan dan kekurangan yang terjadi pada kegiatan tahun ini.