Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Dasar atau LKMMD, telah dilaksanakan oleh Panitia dari HMP PPKn yang berjumlah 35 orang, dengan peserta dari mahasiswa baru 82 orang. Tahun ini LKMMD PPKn mengambil tema PATRIOT (Profesional, Tangguh, Reformis, Inovatif dan Tanggung Jawab). Tema ini diambil berdasarkan kebutuhan mahasiswa di era saat ini, menghadapi revolusi industri 4.0. Sehingga, tema ini dirasa cocok mampu memberikan gambaran kepada mahasiswa baru PPKn, bagaimana nanti mereka menyesuaikan perkembangan iptek, mampu ikut serta dalam perkembangan ilmu, budaya dan sosial kemasyarakatan yang sesuai aliran global.

Waktu LKMMD terhitung 3 hari 2 malam, dimulai hari Jumat, 4 Oktober 2019 sampai dengan Minggu, 6 Oktober 2019. Untuk akomodasi menggunakan 2 bus yang mampu menampung semua mahasiswa. Daerah yang dijadikan lokasikan berada di Desa Kalisoro, Tawangmangu. Tepatnya masih dalam lingkungan objek wisata Tawangmangu (Grojogan Sewu).

Sudah tidak masanya kegiatan orientasi mahasiswa baru diwarnai dengan senioritas yang radikal, kesenjangan antara mahasiswa baru dengan panitia. Oleh karena itu di dalam LKMMD PPKn, ditumbuhkan rasa kekeluargaan dan rasa memiliki sehingga hal-hal yang dimungkinkan tidak baik tidak akan terjadi. Bukan hanya rasa kekeluargaan yang dibangun disini, aspek kognitif mahasiswa baru dari pemikiran anak sekolah SMA, akan dilatih untuk mampu berpikir nalar dan lebih dewasa dari sebelumnya. Oleh karean itu, di LKMMD ini panitia mengahdirkan Bapak dosen PPKn FKIP UMS, Demissioner HMP PPKn dan Alumni PPKn UMS, agar mampu memberikan pandangan serta motivasi kepada mahasiswa baru agar rajin dalam menempuh perkuliahan, aktif di lingkup kampus maupun luar kampus, ikut serta aktif kegiatan kemasyarakatan dan mampu menjadi agen perubahan di bidang ilmu maupun sosial kemasyarakatan.

Diharapkan dengan adanya LKMMD PPkn ini mampu memberikan pelayanan informasi dan pengetahuan dasar bagi mahasiswa PPKn agar dalam perkuliahan nanti sudah mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya, mengembangkan bakat dan minat dan mampu bersaing di dunia kerja suatu saat. Besar harapannya lulusan PPKn UMS mampu unggul di bidang pendidikan, dan mampu memberikan peluang bagi orang lain suatu saat. Semua dimulai dasar, dan LKMMD sebagai pintu awal pengenalan mahasiswa terhadap dunia akademik, organisasi kemahasiswaan, maupun kemasyarakatan serta memotivasinya untuk terus bekerja keras meraih cita-cita.