Berpedoman dari misi dan visi program studi yang ditetapkan, diharapkan Prodi PPKn FKIP UMS mampu menghasilkan lulusan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan guru bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta Ketatanegaraan yang profesional, mampu mengembangkan pembelajaran inovatif dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.
  2. Menghasilkan guru yang mampu menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk mendukung profesionalisme sebagai guru.
  3. Menghasilkan guru berkarakter kuat dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita nasional.
  4. Menghasilkan guru yang memiliki kemampuan dalam membina generasi muda melalui pendidikan Kepramukaan, Hizbul Wathan, dan Patroli Keamanan Sekolah.

       Program Studi PPKn FKIP UMS berupaya mengembangkan nilai-nilai amanah, memiliki integritas, jujur, mampu menjaga dan mengembangkan kepercayaan lembaga maupun masyarakat. Keteladanan memiliki prilaku yang bisa diteladani oleh lingkungannya di masyarakat maupun di tempat kerja, baik ucapan, sikap, dan perbuatannya. Aktif dan kreatif terlibat aktif dalam berbagai kegiatan untuk mengembangkan diri yang ditunjang dengan pola pikir dan cara pandang yang variatif dalam keterlibatan dan penyelesaian permasalahan yang dihadapi. Profesional memiliki pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang memadai, serta mampu melaksanakannya. Berahlak Mulia memiliki paduan perasaan dan pikiran untuk mempertimbangkan baik buruk dalam bertindak, sehingga mampu berprilaku santun, rendah hati, dan tahu diri. Demokratis menjiwai dan melaksanakan nilai-nilai penghargaan terhadap perbedaan guna menjaga kebersamaan. Nasionalisme memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negara yang tercermin dalam prilaku kesehariannya.

          Nilai yang harus diwujudkan dan dipertahankan dalam keseharian civitas akademik berdasarkan visi, misi, dan tujuan di atas meliputi disiplin, teladan, jujur, bertanggungjawab, visioner, memberdayakan, demokratis, dan cinta tanah air. Pengembangan dan pewujudan nilai-nilai ditanamkan melalui penyajian mata kuliah baik dalam kelompok MPK, MKK, MKB, MPB, maupun MBB. Juga penciptaan suasana akademik dan interaksi civitas akademika yang kondusif untuk menunjang penmgembangan dan terwujudnya nilai-nilai yang dimaksud. Rumusan Sasaran Program Studi PPKn FKIP UMS adalah sebagai berikut:

  1. Lulusan bekerja pada bidang yang relevan.
  2. Lulusan setiap angkatan minimal 10% dengan masa studi 4 tahun dan memiliki IPK minimal 3,5.
  3. Lulusan memiliki skor tes kompetensi Bahasa Inggris (TOIEC) minimal 450.
  4. Lulusan mampu mengaplikasikan MS. Office, SPSS, dan Exel.
  5. Lulusan mampu membaca Al-Quran dengan baik.
  6. Lulusan mampu membina Pramuka di sekolah.
  7. Lulusan memiliki IPK minimal 3,0.
  8. Dosen mampu melakukan pengabdian masyarakat minimal 1 kali dalam satu tahun.
  9. Dosen mampu melakukan penelitian dan publikasi ilmiah minimal 1 kali dalam satu tahun.
  10. Lulusan dapat menerapkan strategi pembelajaran aktif-inovatif.