Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Parameter Deskripsi KKNI/ SNDikti dan Asosiasi Profesi/Program Studi | Rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
---|---|
Sikap (S) | |
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius | S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. |
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain. | S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain. |
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. | S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. | S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. | S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. S11. Ihsan dan fastabiqul khairot |
Keterampilan Umum (KU) | |
KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. | KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. | KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. | KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
KU4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi. | KU4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi. |
KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | KU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. | KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
KU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. | KU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Pengetahuan (P) | |
P1. Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dan/atau masyarakat. | P1. Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat. |
P2. Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan. | P2. Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan. |
P3. Menganalisis isu-isu dan/ atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global. | P3. Menganalisis isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global. |
P4. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi psikologi, pedagogi, dan komunikasi untuk pendidikan formal atau pemberdayaan masyarakat yang meliputi perkembangan peserta didik, teori belajar dan pembelajaran, penilaian hasil belajar, teknologi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat. | P4. Menguasai konsep didaktik-pedagogis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat. |
P5. Menguasai konsep dan paradigma penelitian untuk pengembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat. | P5. Menguasai konsep, paradigma, dan metodologi penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama. |
P6. Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi-dan konten dalam Pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPAC) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | P6. Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler. |
Keterampilan Khusus (KK) | |
KK1. Menggunakan konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam implementasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dan/atau masyarakat. | KK1. Menggunakan konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam implementasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan eksktrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat. |
KK2. Memanfaatkan struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dalam pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan | KK2. Memanfaatkan struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dalam pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan. |
KK.3 Memanfaatkan isu-isu dan/atau perkembangan kewarganegaraan terkini meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global untuk mengkontekstualisasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | KK3. Memanfaatkan isu-isu dan/atau perkembangan kewarganegaraan terkini meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global untuk mengkontekstualisasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. |
KK4. Menerapkan konsep, prinsip, dan aplikasi psikologi, pedagogi, dan komunikasi untuk pendidikan formal atau pemberdayaan masyarakat yang meliputi perkembangan peserta didik, teori belajar dan pembelajaran, penilaian hasil belajar, teknologi pembelajaran dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat. | KK4. Menerapkan konsep didaktik-pedagogis dan komunikasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler secara inovatif di sekolah dan/atau dalam masyarakat. |
KK5. Menggunakan konsep dan paradigma penelitian untuk pengembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat. | KK5. Menggunakan konsep, paradigma, dan metodologi penelitian dalam merancang, melaksanakan, dan mendesiminasikan hasil penelitian untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama. |
KK6. Mengkreasi model integrasi teknopedagogi-dan konten dalam Pendidikan (technopedagogical pedagogi-dan konten dalam Pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPAC) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. | KK6. Mengkreasi model integrasi teknopedagogi-dan konten dalam pendidikan (technopedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler. |
Matriks CPL dan Program Learning Outcome (PLO)
CPL PS PPKn sesuai Parameter Deskripsi KKNI/ SN-Dikti dan Asosiasi Profesi/ Program Studi | Kompilasi Program Learning Outcome (PLO) PS PPKn | ||
Kode | Deskripsi | Kode | Deskripsi |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. | PLO1 | Menunjukkan sikap menjunjung tinggi norma agama, moral, etika, dan hukum secara jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas profesi bidang PPKn |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. | ||
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. | ||
S11 | Ihsan dan fastabiqul khairot | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. | PLO2 | Menunjukkan sikap kritis, mandiri, dan demokratis dalam melaksanakan tanggung jawab institusional dan peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. | ||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain. | ||
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. | ||
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | ||
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. | ||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. | PLO3 | Mampu menerapkan analisis logis, kritis, sistematis, dan inovatif untuk membuat simpulan dan tindakan yang tepat terhadap masalah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. | ||
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. | ||
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi. | ||
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | ||
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | ||
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. | ||
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. | ||
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||
P1 | Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat. | PLO4 | Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat |
P2 | Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan. | PLO5 | Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan. |
P3 | Menganalisis isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global. | PLO6 | Menganalisis isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global. |
P4 | Menguasai konsep didaktik-pedagogis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat. | PLO7 | Mampu mengaplikaskan konsep didaktik-pedagogis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat. |
P5 | Menguasai konsep, paradigma, dan metodologi penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama. | ||
P6 | Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler. | ||
KK1 | Menggunakan konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam implementasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan eksktrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat. | PLO8 | Mampu menerapkan konsep pedagogik dan keilmuan PPKn dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran PPKn dan kegiatan ekstrakurikuler yang inovatif |
KK2 | Memanfaatkan struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dalam pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan. | ||
KK3 | Memanfaatkan isu-isu dan/atau perkembangan kewarganegaraan terkini meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global untuk mengkontekstualisasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. | ||
KK4 | Menerapkan konsep didaktik-pedagogis dan komunikasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler secara inovatif di sekolah dan/atau dalam masyarakat. | ||
KK6 | Mengkreasi model integrasi tekno-pedagogi-dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler. | ||
KK5 | Menggunakan konsep, paradigma, dan metodologi penelitian dalam merancang, melaksanakan, dan mendesiminasikan hasil penelitian untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama. | PLO9 | Mampu mengaplikasikan etika dan metode ilmiah dalam merancang dan melaksanakan penelitian bidang PPKn dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan teknologi informasi |