Capaian Pembelajaran Lulusan dan Program Learning Outcome

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Parameter Deskripsi KKNI/ SNDikti dan Asosiasi Profesi/Program Studi
Rumusan Capaian Pembelajaran Program
Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Sikap (S)
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain. S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

S11. Ihsan dan fastabiqul khairot
Keterampilan Umum (KU)
KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan
dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.KU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi.KU4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi.
KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.KU7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.KU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Pengetahuan (P)
P1. Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dan/atau masyarakat.P1. Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat.
P2. Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan.P2. Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan.
P3. Menganalisis isu-isu dan/ atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global. P3. Menganalisis isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global.
P4. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi psikologi, pedagogi, dan komunikasi untuk pendidikan formal atau pemberdayaan masyarakat yang meliputi perkembangan peserta didik, teori belajar dan pembelajaran, penilaian hasil belajar, teknologi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat.
P4. Menguasai konsep didaktik-pedagogis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat.
P5. Menguasai konsep dan paradigma penelitian untuk pengembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat.P5. Menguasai konsep, paradigma, dan metodologi penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama.
P6. Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi-dan konten dalam Pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPAC) dalam Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanP6. Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler.
Keterampilan Khusus (KK)
KK1. Menggunakan konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam implementasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dan/atau masyarakat.KK1. Menggunakan konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan
dalam implementasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan eksktrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat.
KK2. Memanfaatkan struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dalam pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatanKK2. Memanfaatkan struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dalam pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan.
KK.3 Memanfaatkan isu-isu dan/atau perkembangan kewarganegaraan terkini meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global untuk mengkontekstualisasikan Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanKK3. Memanfaatkan isu-isu dan/atau perkembangan kewarganegaraan terkini meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global untuk mengkontekstualisasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
KK4. Menerapkan konsep, prinsip, dan aplikasi psikologi, pedagogi, dan komunikasi untuk pendidikan formal atau pemberdayaan masyarakat yang meliputi perkembangan peserta didik, teori belajar dan pembelajaran, penilaian hasil belajar, teknologi pembelajaran dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat.KK4. Menerapkan konsep didaktik-pedagogis dan komunikasi untuk merencanakan,
mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler secara inovatif di sekolah dan/atau dalam masyarakat.
KK5. Menggunakan konsep dan paradigma penelitian untuk pengembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah atau dalam masyarakat.KK5. Menggunakan konsep, paradigma, dan metodologi penelitian dalam merancang,
melaksanakan, dan mendesiminasikan hasil penelitian untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama.
KK6. Mengkreasi model integrasi teknopedagogi-dan konten dalam Pendidikan (technopedagogical pedagogi-dan konten dalam Pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPAC) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
KK6. Mengkreasi model integrasi teknopedagogi-dan konten dalam pendidikan (technopedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler.

 

Matriks CPL dan Program Learning Outcome (PLO)

CPL PS PPKn sesuai Parameter Deskripsi KKNI/ SN-Dikti dan Asosiasi Profesi/ Program Studi Kompilasi Program Learning Outcome (PLO) PS PPKn
Kode Deskripsi Kode Deskripsi
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. PLO1 Menunjukkan sikap menjunjung tinggi norma agama, moral, etika, dan hukum secara jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas profesi bidang PPKn
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S11 Ihsan dan fastabiqul khairot
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. PLO2 Menunjukkan sikap kritis, mandiri, dan demokratis dalam melaksanakan tanggung jawab institusional dan peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. PLO3 Mampu menerapkan analisis logis, kritis, sistematis, dan inovatif untuk membuat simpulan dan tindakan yang tepat terhadap masalah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi.
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
P1 Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat. PLO4 Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat
P2 Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan. PLO5 Menguasai struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dengan kebutuhan pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan.
P3 Menganalisis isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global. PLO6 Menganalisis isu-isu dan/atau perkembangan terkini kewarganegaraan meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global.
P4 Menguasai konsep didaktik-pedagogis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat. PLO7 Mampu mengaplikaskan konsep didaktik-pedagogis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat.
P5 Menguasai konsep, paradigma, dan metodologi penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama.
P6 Mengkreasi integrasi tekno-pedagogi dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler.
KK1 Menggunakan konsep, prinsip, prosedur, dan metode keilmuan serta nilai, norma, dan moral yang menjadi muatan kurikulum dan proses pembelajaran dan/atau pembudayaan dalam implementasi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan eksktrakurikuler di sekolah dan/atau masyarakat. PLO8 Mampu menerapkan konsep pedagogik dan keilmuan PPKn dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran PPKn dan kegiatan ekstrakurikuler yang inovatif
KK2 Memanfaatkan struktur, metode, dan spirit keilmuan kewarganegaraan, hukum, politik kenegaraan, sejarah perjuangan bangsa, dan disiplin lainnya yang relevan dan koheren dalam pengembangan kompetensi sebagai calon pendidik profesional pada pendidikan dasar dan menengah atau pada pendidikan kewarganegaraan-kemasyarakatan.
KK3 Memanfaatkan isu-isu dan/atau perkembangan kewarganegaraan terkini meliputi bidang ideologi, politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama, dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global untuk mengkontekstualisasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
KK4 Menerapkan konsep didaktik-pedagogis dan komunikasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler secara inovatif di sekolah dan/atau dalam masyarakat.
KK6 Mengkreasi model integrasi tekno-pedagogi-dan konten dalam pendidikan (techno-pedagogical content knowledge-(TPACK) dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler.
KK5 Menggunakan konsep, paradigma, dan metodologi penelitian dalam merancang, melaksanakan, dan mendesiminasikan hasil penelitian untuk mengembangkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan ekstrakurikuler di sekolah dan/atau dalam masyarakat sebagai kontribusi menciptakan masyarakat utama. PLO9 Mampu mengaplikasikan etika dan metode ilmiah dalam merancang dan melaksanakan penelitian bidang PPKn dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan teknologi informasi