Surakarta, 7 Februari 2024 – Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terus berkomitmen untuk menjaga mutu pendidikan dengan melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) berbasis Risk Management dan ISO pada Rabu, 7 Februari 2024. Kegiatan ini dilakukan oleh tim auditor yang terdiri dari Dr. Riandini Aisyah, S.Si., M.Sc dan Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd.
Audit Mutu Internal kali ini difokuskan pada evaluasi pelaksanaan pembelajaran, khususnya kelengkapan dokumen kurikulum, capaian pembelajaran lulusan (CPL), dan program educational objective (PEO). Selain itu, audit juga mencakup adaptasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pengukuran CPL berbasis Outcome Based Education (OBE).
Hasil dari AMI menunjukkan bahwa Prodi PPKn UMS telah memenuhi standar mutu pendidikan. Dokumen kurikulum yang disusun mengikuti pedoman pengembangan kurikulum di UMS, dengan berbasis OBE dan MBKM. Dokumen tersebut telah di-review oleh dua pakar, memastikan kualitas dan relevansinya.
Dalam proses audit, kedua auditor, Dr. Riandini Aisyah dan Drs. Ilham Sunaryo, memberikan penekanan pada pentingnya pengukuran CPL sebagai langkah evaluatif yang krusial. Prodi PPKn diingatkan untuk segera menindaklanjuti pelaksanaan kurikulum dengan mengadakan pengukuran CPL, guna memastikan pencapaian tujuan pembelajaran sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Dokumen kurikulum juga telah dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen melalui website prodi, memudahkan akses dan transparansi informasi.
Ketua Prodi PPKn, Wibowo Heru Prasetiyo, PhD, menyambut baik hasil audit ini dan berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Prodi PPKn UMS. “Kami mengapresiasi kinerja tim auditor dan akan segera mengambil langkah-langkah konkrit untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran berdasarkan temuan dalam AMI ini,” kata kaprodi.
Dengan hasil audit yang positif, Prodi PPKn UMS terus menunjukkan dedikasinya dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan, menjadikannya sebagai institusi yang berkualitas dan relevan di bidangnya.