PPKn – News, Surakarta
Halimah Sa’diyah mahasiswi Angkatan 2019 berhasil menyelesaikan studi dan lulus tanpa skripsi. Lewat Program ICOLAE (International Conference on Learning and Advanced Education) yang diselenggarakan pada bulan Desember 2022. Pencapaian istimewa ini terwujud melalui penerbitan artikel ilmiah berjudul “Digital Native Teacher vs Digital Immigrant Teacher: A Systematic Literature Review and Research Agenda.” Artikel ini tidak hanya mendapat pengakuan dari dosen pembimbingnya tetapi juga diberi penilaian A, mengukuhkan kualitas dan relevansinya dalam dunia akademis.
Artikel ilmiah ini berfokus pada perbandingan antara guru digital native dan guru digital immigrant dalam konteks pendidikan. Melalui tinjauan pustaka sistematis yang mendalam, Halimah Sa’diyah berhasil mengidentifikasi perbedaan penting antara kedua kelompok ini dan mengusulkan arah penelitian yang menarik untuk masa depan.
“Kalau syarat untuk OBE (Outcome-Based Education), itukan harus seizin dengan pembimbing dan harus mencantumkan nama beserta dosen pembimbing, selain itu judulnya harus sesuai dan artikel harus berbahasa Inggris dan sesuikan dengan template”- ujarnya.
Ia pun melanjutkan “Kalau skripsi ataupun OBE jangan dianggurin aja, banyakin membaca terkait literatur yang dibahas”.
Halimah Sa’diyah sendiri sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh Program ICOALE dan dukungan dari dosen-dosennya. Ia merasa senang bisa berkontribusi dalam dunia akademis dengan artikelnya yang mendalam.
Prestasi Halimah Sa’diyah adalah inspirasi bagi mahasiswa lain untuk berani mencari alternatif dalam mengejar gelar sarjana mereka. Program ICOLAE memberikan ruang bagi kreativitas akademis dan pengembangan diri. Pencapaian gemilang ini membuktikan bahwa ada banyak cara untuk mencapai keberhasilan dalam dunia pendidikan tinggi, dan kreativitas serta dedikasi yang tinggi dapat membawa mahasiswa jauh. Halimah Sa’diyah adalah contoh nyata bahwa semangat riset dan dedikasi yang kuat dapat membuka pintu-pintu menuju prestasi yang luar biasa dalam dunia akademis.