SKRIPSI SERIES: Tingkatkan Kualitas Skripsi Prodi PPKn Adakan Webinar Series

11 Desember 2021

Surakarta-Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan acara Skripsi Series yang terdiri dari 9 (sembilan) webminar, yakni: (1) Quantitative Methode; (2) Qualitative Methode; (3) Menyiapkan Proposal Skripsi; (4) SPSS 1; (5) SPSS 2; (6) Mendeley Data; (7) Teknik Analisis Kualitatif; (8) Membuat Laporan Skripsi; (9) Publikasi Skripsi.

Pada hari ini Sabtu, 11 Desember 2021 tepatnya pukul 13.00 WIB telah dilaksanakan webinar yang keenam, yakni dengan tema “Mendeley Data” dimana webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait Mendeley. Mendeley sebagai aplikasi reference manager dan pembuat sitasi secara otomatis memudahkan untuk mengelola referensi-referensi yang telah dikumpulkan serta memudahkan ketika membuat sitasi/kutipan hingga daftar pustaka. Penggunaan Mendeley dapat dilakukan dengan cara yakni: 1) memasukkan kumpulan referensi secara manual dengan add files ataupun add folder, 2) add entry manually, dan 3) melalui mendeley web importer.  Sebelum menggunakan Mendeley, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, baru kita dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Webinar ini diikuti oleh 34 peserta yang merupakan mahasiswa PPKn yang sedang menempuh mata kuliah skripsi. Tujuan webinar skripsi series keenam ini yaitu diharapkan mampu memudahkan mahasiswa untuk mengelola referensi-referensi yang telah dikumpulkan serta memudahkan ketika membuat sitasi/kutipan hingga daftar pustaka. Semoga dengan diadakannya Webminar Skripsi Series ini dapat memberikan keberkahan, pengetahuan dan wawasan bagi kita semua  khusunya mengenai penggunaan software Mendeley, dengan harapan dapat menjadi bekal dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi.