11 September 2021,

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Surakarta Bidang 1 keislaman ( HMP PPKn UMS Bidang 1 keislaman) mengadakan acara PROKLAMASI (Program Kajian Islami Mahasiswa) yang ditujukan bagi mahasiswa PPKn FKIP UMS, mahasiswa umum dan masyarakat umum yang dikemas dalam Webinar Series. Pada Program kerja PROKLAMASI (Program Kajian Islami Mahasiswa) bertema Membangun Peran Pemuda dalam Menangkal Paham Radikalisme Islam dengan mengundang Ustadz Akmal Sjafril, S.T, M.Pd.I. sebagai pemateri, beliau merupakan seorang Kepala Sekolah Pemikir Islam, Pembina Halaqoh Anak Minangkabau (HAMKA), Pemerhati Isu-isu Pemikir Islam dan Sejarawan. Pada acara PROKLAMASI (Program Kajian Islami Mahasiswa) ini dimoderatori oleh Shely Aulia Adisty (Mahasiswa PPKn UMS).

Acara PROKLAMASI (Program Kajian Islami Mahasiswa)ini dilaksanakan pada hari sabtu, 11 September 2021 secara daring (online) yang diikuti oleh 90 peserta yang terdiri dari mahasiswa PPKn FKIP UMS, mahasiswa umum dan masyarakat umum. Semua peserta yang mengikuti acara acara PROKLAMASI (Program Kajian Islami Mahasiswa) semangat dan antusias serta termotivasi untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana Peran Pemuda dalam Menangkal Paham Radikalisme Islam dan tidak terjerumus dalam paham-paham yang menyimpang dan berlebihan. Penjelasan dari pemateri (Ustadz Akmal Syafril) yaitu “sebagai ummat islam kita harus beribadah, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik karena semua hal itu ada batasnya”. Diakhir acara Ustadz Akmal Sjafril menyampaiakan beberapa nasehat : “ Kita tidak boleh mendzolimi orang lain, karena orang lain itu milik Allah begitpun dengan makhluk Allah yang lainya. Kita sebagai manusia harus menjaga semua ciptaan Allah.”

Semoga dengan diadakannya acara PROKLAMASI (Program Kajian Islami Mahasiswa) ini dapat memberikan keberberkahan, pengetahuan dan wawasan bagi kita semua. Sehingga bisa memotivasi agar menjadi muslim yang baik, yaitu selamat dari keburukan lisan dan tangannya. Salam Jaya Salam Pancasila !