Upgrading Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Bersama HMP Tumbuhkan Mahasiswa Sebagai Agent of Change dan Generasi Penerus Bangsa

PPKn – News, Surakarta

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan kegiatan “Upgrading”. Upgrading merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun sekali yang berisi kegiatan pengenalan antar sesama pengurus harian dan juga calon anggota HMP baru dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan loyalitas pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta etos dalam organisasi khususnya dari para pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan agar dapat mempersiapkan diri dalam melaksanakan program kerja yang akan dijalankan selama satu periode kedepan serta diharapkan dapat membantu meningkatkan keahlian setiap pengurus HMP. Selain itu, alasan diadakan upgrading ini karena suatu keharusan yang dilakukan pada setiap tahunnya oleh para pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Kegiatan Upgrading dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 09.00-14.00 Wib. Kegiatan Upgrading diikuti 37 oleh mahasiswa secara offline. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan oleh ketua panitia dan ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Setelah itu dilanjutkan denga acara Sharing Session Bersama para Pengurus Harian Inti HMP PPKn dalam acara ini para Pengurus Harian Inti menyampaikan 3 topik pembicaraan yaitu motivasi dalam mengikuti organisasi, public speaking dan keemimpinan. Dari Sharing Session bersama Pengurus Harian Inti kami berharap bahwa peserta Upgrading dapat mengambil pelajaran dan termotivasi untuk tetap aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi khususnya HMP PPKn.

Setelah acara Sharing session dilanjutkan dengan kegiatan game Bersama. Dalam game ini peserta offline dibagi menjadi 4 kelompok yang dibagi menggunakan cara berhitung, terdapat 4 pos game yang harus diselesaikan oleh peserta yang pada setiap posnya peserta diwajibkan untuk laporan dan menyanyikan yel-yel kelompok. Pos yang harus dilewati peserta meliputi pos pertama yang memuat game “Tebak Gaya” dimana peserta pertama harus memperagakan kalimat yang sudah ditentukan oleh panitia kemudian gerakan tereut diperagakan sampai peserta paling belakang dan kemudian dijawab apa maksud gerakan yang telah dipergakan tersebut, pos kedua memuat game “Estafet Sarung”, ini merupakan game inovasi terbaru yang diadakan, pada game ini peserta harus melewatkan sarung dari peserta pertama sampai yang paling akhir dengan catatan sarung tidak boleh terjatuh, atau terlepas baik ditengah ataupun diakhir, selanjutnya pos ketiga memuat game “Joget Balon” ini adalah inovasi kedua game yang diadakan, pada game ini peserta harus berpasangan danmembawa balon yang telah disedikan panitia, balon yang dibawa peserta dibawa dengan cara diletakkan dibelakang punggung mereka dan mereka berjalan dari garis awal dan akhir yang telah ditentuan oleh panitia dengan iringan music, jika balon terjatuh saat peserta berjalan maka mereka akan dianggap gugur dan untuk pos keempat sebagai pos terakhir memuat game “Kertas Panas” game ini dilakukan dengan cara peserta menari sesuai dengan iringan music yang diputar oleh panitia jika music berhenti para peserta harus sigap menempati dan berebut kertas yang disiapkan panitia, jika peserta tidak mendapayka tempat maka akan dianggap gugur.

Dari pos game yang diadakan, jika peserta berhasil menyelesaikan tugasnya maka mereka akan mendapat tanda kertas berbentuk lingkaran dan lingkaran tersebut dihitung berapa jumlahnya, untuk kelompok yang mendapatkan tanda lingkaran paling banyak maka akan menjadi pemenang. Pemenang tidak hanya diambil dari kelompok yang memiliki tanda lingkaran paling banyak, tetapi juga diambil dari kelompok mana yang bisa menjawab teka-teki dari panitia dengan cepat dan benar. Panitia telah memberi kunci kata untuk menjawab teka-teki melalui pos-pos yang telah dilewati oleh peserta. Setelah penyerahan reward bagi kelompok yang menang dan bagi kelompok yang berhasil menjawab teka-teki dengan cepat dan benar, acara selanjutnya yaitu ishoma. Setelah ishoma acara selanjutnya yaitu pengumuman hasil screening yang berisi penempatan bidang bagi peserta. Setelah pengumuman selesai kami memberikan kesempatan kepada peserta dan panitia untuk berkumpul untuk saling mengenal dengan singkat secara 10 menit, setelah itu kegiatan pun berlanjut dan dilanjutkna dengan acara penutupan dan dilanjut dengan foto bersama. Kami harap dari kegiatan ini peserta dapat membangun chemistry dan kerja sama yang baik antar sesame anggota dan juga pengurus untuk melaksanakan program kerja yang baik, selain itu dapat membantu menjadi wadah bagi mahasiswa yang seyogyanya akan menjadi penerus bangsa untuk mencari pengetahuan, wawasan dan pengalaman, melatih ketrampilan dan meningkatkan rasa tanggung jawab melalui organisasi serta dapat membentuk pola pikir serta kemampuan untuk dapat memecahkan suatu permasalahan, Hal ini sesuai dengan tema kegiatan kami yaitu “Bersama HMP Tumbuhkan Mahasiswa Sebagai Agent of Change dan Generasi Penerus Bangsa”

Sharing Session bersama Pengurus HMP PPKn 2023
Fun Game
Pemenang Fun Game