KAJIAN ILMIAH 2021 HMP PPKn: “MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL MELALUI PENULISAN DAN PUBLIKASI ILMIAH”

Sabtu, 06 November 2021

Surakarta-Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn Bidang Penalaran dan Pengembangan Sumber Daya Manusia memberikan salah satu wadah untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan tulisan dalam bidang penalaran, mengadakan kegiatan berupa pelatihan untuk membuat tulisan serta publikasi ilmiah ini dengan melalui daring. Kegiatan tersebut kami wujudkan dalam sebuah kegiatan Kajian Ilmiah. Acara tersebut berupa kegiatan pelatihan atau bentuk pengajaran yang memiliki suatu topik khusus yaitu “Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul Melalui Penulisan Dan Publikasi Ilmiah”.

Kajian Ilmiah 2021 yang mengundang Dr. Laili Etika Rahmawati, M.Pd. Beliau merupakan dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMS yang merupakan Reviewer Jurnal Bahastra dan Jurnal Kembara Maret 2021-sekarang. Dengan diadakannya kegiatan pelatihan penulisan dan publikasi ilmiah ini diharapkan agar mahasiswa mengetahui apa itu penulisan serta apa publikasi ilmiah dan berani mengembangkan potensinya untuk membuat suatu karya ilmiah, serta masih banyak lagi wawasan yang bisa kita dapatkan dari kegiatan Kajian Ilmiah ini. Semoga kegiatan ini mampu memberikan dampak yang positif dan mampu memotivasi mahasiswa untuk dapat menggali potensinya.

Kajian Ilmiah ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 November 2021, secara online menggunakan platfrom Zoom Meeting dengan membahas mengenai Penulisan serta publikasi ilmiah tentang bagaimana urgensi dari penulisan karya ilmiah, penggunaan bahasa yang baku sesuai kaidah KBBI, hubungan pembuatan karya dengan empat keterampilan bahasa, tahapan dalam laras bahas serta tataran bahasa yang sesuai dengan kaidah dan nantinya peserta yang mengikuti Kajian Ilmiah bisa memahami apa yang sudah disampaikan oleh pembicara sehingga peserta bisa mengupas tuntas mengenai Kajian Ilmiah terutama mampu mewujudkan generasi muda yang ungggul melalui penulisan dan publikasi ilmiah. Acara Kajian Ilmiah yang diikuti sebanyak 90 peserta yang antusias dalam mengikuti Kajian Ilmiah. Kesimpulan yang didapatkan dari Kajian Ilmiah ini yaitu bahwa dengan mempelajari suatu ilmu, maka harus memahami bagaimana filosofinya terlebih dahulu.